Resist The Usual

Review Film The Conjuring 2: Kisah Poltergeist Einfeld

3:31:00 PM Posted by prasetcetera , , No comments
Review Film The Conjuring 2 - Sejak perilisan film pertamanya pada tahun 2013, The Conjuring yang disutradarai James Wan berkembang menjadi sebuah ujung tombak film horor buatan Hollywood yang trennya semakin lama semakin redup.

Setelah beberapa saat sebelumnya James Wan sempat berpetualang sebagai produser film horror dan bahkan sempat "melenceng" dengan menjadi sutradara seri ke 7 Fast Furious. Akhirnya di 2016 ini Ia kembali ke kisah yang ikut andil membesarkan namanya. Seperti kita sudah tahu sebelumnya, The Conjuring diangkat dari kisah nyata pasangan suami istri Lorraine dan Ed Warren, pasangan paranormal di Amerika Serikat yang pada era 1970-an seringkali dimintai tolong untuk mengatasi berbagai gangguan supranatural.

Usai beberapa kali menangani kasus misteri besar seperti misalnya Rumah Hantu Amytiville, Lorraine dan Ed menjadi lebih sering disorot oleh media massa, termasuk dihadapkan dengan pihak-pihak yang menyangsikan kemampuan yang mereka milik. Selain itu Lorraine kerap mendapat penglihatan tentang kematian sang suami, serta sosok iblis berpakaian biarawati yang kerap mengganggu. Lorraine menganggap ini adalah peringatan agar Ia dan Ed harus berhenti menangani kasus-kasus lagi.

Pada waktu yang bersamaan, di wilayah Enfield di kota London, Inggris, gangguan supranatural menimpa sebuah keluarga. Keluarga mereka sering diganggu oleh arwah misterius, sampai membuatnya kerasukan. Karena kasus keluaraga itu yang semakin membesar dan menjadi sorotan di media, seorang paranormal memutuskan untuk membantu keluarga ini, menghubungkan mereka dengan Lorraine dan Ed, yang bersedia memeriksa kasus ini walau awalnya enggan. Lorraine dan Ed mendatangi keluarga Hodgson, dan kemudian dihadapkan dengan keanehan yang membuat mereka sendiri kesulitan untuk membuktikan eksistensi arwah tersebut, membuat mereka kesulitan bagaimana harus menolong keluarga malang ini.

Jika di The Conjuring pertama filmnya terasa bergerak dalam satu arah, The Conjuring 2 ini mencoba tampil lebih kompleks dengan selipan drama yang lebih sentimentil. Tidak melulu hanya berfokus pada keluarga Hogson dan rumahnya hantunya namun juga melibatkan kehidupan pribadi Ed dan Lorraine yang nantinya sangat berkaitan erat pada keseluruhan jalinan cerita.
 
Trailer The Conjuring 2
 
Selain dari beberapa warna baru yang ditampilkan dai film ini tentu saja ada juga sisi lemahnya, seperti halnya film horor, masalah utama mereka selalu pada narasi cerita dan eksekusi yang terkesan klise. Hanya saja, beruntung The Conjuring 2 ini dipegang oleh orang yang tepat, ya, James Wan begitu lihai memainkan kengerian dan psikis penontonnya. Siapa yang menyangka hanya dengan melihat mobil mainan menjadi begitu menyeramkan?. Lalu bagaimana James Wan yang merupakan Sutradara asli Malaysia ini begitu paham bagaimana menciptakan sosok hantu yang menyeramkan hingga menjadi ikonik seperti sekarang, dan kabarnya bahkan sosok Valak ini sudah ada rencana untuk dibuatkan filmnya sendiri. Acungan jempol bagi James Wan.


Skor
7/10

0 comments:

Post a Comment