Resist The Usual

Film Review 10 Cloverfield Lane

6:00:00 AM Posted by Prast , , , No comments

Sejak perilisannya pada tahun 2008 Cloverfield menjadi pembicaraan banyak penikmat film. Terinspirasi oleh film Godzilla, Cloverfield adalah sebuah film tentang raksasa2 yang menyerang Manhattan. Dengan gaya found footage, membuat film itu semakin menarik. Walaupun sebenernya ngga original, karena gaya ini bisa dilihat di film2 lain seperti Diary of the Dead dan Quarantine, namun dalam beberapa tahun terakhir gaya pemfiilman ini telah dieksploitasi habis2an dan semakin menurun jika kita bicara tentang kualitas film2 dengan gaya ini, dengan kamera shaky yang kadang malah bikin penonton mual. Namun ada pengecualian dengan Cloverfield. Film ini menurut saya memiliki karakter realistis dan menyenangkan, dan efek visualnya juga termasuk sangat baik untuk adegan2 yang menampilkan rakasanya.

Berkat kesuksesan film itu, produser JJ Abrams, yang suka menggoda penggemar film-filmnya dengan sempilan "Telur Paskah" dan petunjuk di dalam film2nya kemudian mengeluarkan sekuelnya, kalo bisa disebut sebagai sekuel.

Mary Elizabeth Winstead berperan sebagai Michelle, seorang pekerja kantoran yang melarikan diri dari tekanan hidup sehari2. Dalam opening scene nya dia mengendarai mobil hingga akhirnya mengalami kecelakaan dan setelah kembali sadar dia sudah dalam keadaan dirantai di sebuah bunker bawah tanah. Kemudian si Tuan Rumah, Howard (diperankan oleh John Goodman) menyapa Michelle dan menjelaskan bahwa dunia luar telah hancur oleh serangan yang telah menyebabkan udara menjadi beracun, dan mengatakan jika Michelle meninggalkan bunker ini maka dia akan segera mati. Kemudian kita juga akan diperkenalkan dengan Emmet yang juga menjadi penghuni bunker ini seperti halnya Michelle.
Seiring mereka menjalani kehidupan di dalam bunker tersebut, Michelle dan Emmet mulai mencurigai bahwa Howard sedang menyembunyikan sesuatu dari mereka.
Jujur saja menurut saya 10 Cloverfield Lane adalah sci-fi thriller yang sangat baik, dan sejauh ini masih yang terbaik di 2016. Perkembangan intensitas karakter dari tiga karakter dalam ruang tertutup ini juga sangat baik, mengingatkan kita pada film Ex Machina yang dirilis tahun lalu. Namun yang perlu dicatat, film "sekuel" ini seperti tidak berhubungan langsung dengan film Cloverfield yang pertama. Lebih baik tidak berekspektasi macam2 kalo mau nonton film ini. Akan tetapi dalam segala hal secara overall 10 Cloverfield Lane jelas merupakan sebuah peningkatan dari film yang pertama.

RATING
7.5/10

0 comments:

Post a Comment