Resist The Usual

Ancaman terhadap kebhinnekaan bangsa Indonesia

12:03:00 AM Posted by Prast No comments

Ancaman bisa datang baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Untuk itu perlu adanya rasa persatuan dan juga kesatuan masyarakat yang ada dalam sebuah negara. Hal tersebut berlaku juga di negara Republik Indonesia. Indonesia memiliki banyak suku dan budaya. Jangan sampai perbedaan yang ada ini justru menjadi ancaman bagi negara RI. Sesuai dengan semboyan dari NKRI “ Bhineka Tunggal Ika”. Walaupun berbeda-beda suku, ras, budaya tapi kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia.

Negara kita tidak hanya kaya akan suku & budaya, tapi kekayaan alam yang kita miliki juga melimpah. Karena kekayaan yang kita miliki wisatawan dari luar negeri tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Mereka penasaran dengan berbagai budaya yang ada dan juga alam yang kita miliku. Kenapa? Karena tidak semua negara memiliki kekayaan budaya dan alam seperti negara kita.

JENIS-JENIS ANCAMAN
Nah jenis-Jenis Ancaman Bagi Suatu Negara itu bermacam-macam, Adapun Jenis-Jenis Ancaman yaitu sebagai berikut:

1. Ancaman militer

Ancaman bagi suatu negara yang berasal dari senjata sebagai alat untuk menghancurkan keutuhan wilayah, kedaulatan negara dan keselamatan warga negara. Biasanya ancaman ini sudah terorganisir dengan konsep dan rencana yang matang.

2. Ancaman non militer
Ancaman ini tidak menggunakan senjata seperti halnya ancaman militer yang terlihat. Tapi ancaman non militer ini menggunakan sesuatu yang tidak dapat terlihat, misalnya ideologi. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilihat secara langsung, tapi dapat dirasakan dampak dari ideologinya.
Ancaman non militer bisa berupa ancaman politik, sosial budaya dan juga ekonomi. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Ancaman sosial budaya
Ancaman yang dapat memberikan dampak buruk pada generasi penerus bangsa. Budaya yang sudah ada di negara tersebut semakin lama berpindah dengan budaya baru. Hal ini tentunya akan menghilangkan ciri khas dari budaya sosial yang sudah dibentuk sejak nenek moyang.
Sosial dan budaya yang datang dari luar seharusnya bisa disaring sebelum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh:
Gaya hidup konsumtif dapat sangat mudah ditemukan di dalam konten-konten Youtube


2. Ancaman politik
Ancaman politik ini bisa muncul ketika ada negara lain ikut campur dalam rumah tangga negara. Politik demokrasi seperti di Indonesia ini yang sudah lama di bangun bisa hancur karena adanya campur tangan dari negara lain. Awalnya demokrasi untuk kepentingan orang banyak dapat berubah menjadi kepentingan pribadi. Hal ini tentunya akan memecah negara kesatuan Republik Indonesia.
Contoh: Orang yang ingin mencalonkan diri menjadi presiden rela melakukan segala cara untuk mencapai kepentingan pribadinya, misalnya dengan menyebar hoax & fitnah yg memecah belah bangsa.

4. Ancaman ekonomi
Ancaman ekonomi ini sangat rentan sekali, karena berhubungan dengan kemakmuran suatu negara. Ancaman ekonomi bisa terjadi dari dalam negeri ataupun dari luar negeri.
Contoh : Korupsi terjadi di setiap bidang, membuat perekonomian Indonesia lambat dalam berkembang.

Setelah mengulas jenis-jenis dari ancaman suatu negara. Berikut ini beberapa contoh ancaman suatu negara sesuai dengan jenis-jenis ancaman yang terjadi di suatu negara.

Contoh ancaman militer
1. Agresi
Ancaman militer ini bertujuan melemahkan atau merusak obyek penting yang menjadi target. Biasanya hanya terjadi pada wilayah yg kecil. 
Contoh: Agresi militer belanda ke Surabaya

2. Invasi
bentuk ancaman militer dengan melakukan penyerangan pada sebuah wilayah atau negara. Invasi merupakan jenis penyerangan yang sifatnya lebih menyeluruh, biasanya mengerahkan pasukan untuk menyerang obyek yang dituju. Jadi Invasi skalanya lebih besar dibanding Agresi.
Contoh: Serangan Amerika Serikat ke Suriah.

3. Spionase
Ancaman yang berupa mata-mata yang ingin mendapatkan dokumen rahasia militer suatu negara.

4. Sabotase
Ancaman dalam bentuk merusak atau mengambil alih instalasi militer atau objek vital nasional suatu negara. Hal ini bisa membahayakan keselamatan seluruh warga negara tersebut.
Misal, negara A membajak atau menyerang PLTU milik Indonesia untuk merusak jaringan listrik nasional.

5. Terorisme
Ancaman bersenjata yang dilakukan oleh jaringan teroris yang terselubung. Tujuannya adalah untuk mengacaukan kedamaian suatu negara.
Contoh: Peledakan Bom di dalam tempat ibadah.

Nah silakan setelah ini kalian bisa menguji diri kalian lewat kuis yang sudah saya siapkan.

0 comments:

Post a Comment